KLASIFIKASI KOMPUTER

Komputer digolongkan atas berbagai klasifikasi, tergantung dari sudut mana kita meninjaunya. Menurut ukursn bobotnya, komputer dapat digolongkan atas empat jenis, yakni:

  1. Komputer rangka besar atau komputer skala besar (mainframe computer).
  2. Komputer mini atau komputer skala menengah.
  3. Komputer mikro atau komputer pribadi (persinal computer, disingkat dengan PC). Komputer ini juga disebut juga dengan komputer desktop, karena bisa menjadi alat perlengkapan meja kerja.
  4. Komputer portabel, atau komputer yang dapat dibawa-bawa. Jenis ini sebenarnya bisa dipecah lagi menjadi empat bagian, yakni:
  • Komputer portabel (potable computer)
  • Komputer laptop (dikatakan laptop karena bisa diletakkan di atas paha pada saat menggunakannya).
  • Komputer buku notes (notebook computer), yakni komputer yang kecil sekali sehingga ukurannya sama dengan buku dan dapat dimasukkan dalam briefcase.
  • Komputer palmtop yang ukurannya hanya sebesar kalkulator yang biasa dipakai dikantor-kantor. Karena ukurannya yang kecil ini, ia dapat diletakkan ditelapak tangan ketika mengoperasikannya. Meskipun jenis ini masih belum begitu populer karena terbatasnya pemakaiannya, namun dibelakang hari tidaklah mustahil jika komoputer jenis ini akan sangat berkembang.

Menurut kemampuan kerjanya, komoputer dapat digolongkan atas tiga bagian besar, yakni:

  • Komputer super atau superkomoputer, dengan keceatan yang sangat tinggi. Komputer ini umumnya dipakai pada bidang sains dan teknologi yang memerlukan perhitungan-perhitungan yang sangat rumit, seperti matrix dan vektor. Salah seorang tokoh dalam pembuatan superkomputer ini ialah Seymour Cray yang mendirikan Cray Research, Inc., ditahun 1972. Unjuk kerja superkomputer ini diukur dengan satuan FLOP (floating point operations per second). Superkomputer generasi pertama (seperti Star-100 dari Control Data, ASC (Advanced Scientific Computer) dari Texas Instrument, dan Illliac IV) mempunyai kecepatan puncak sekitar 40 MFLOP (juta FLOP). Superkomputer generasi kedua (seperti CRAY-1 dan CYBER-200) mempunyai unjuk kerja antara 160 hingga 800 MFLOP. Superkomputer generasi terbaru (sepeti CRAY YMP/832) mempunyai unjuk kerja hingga tiga puluh kali lipat dari yang dipunyai oleh CRAY-1. Di Indonesia, superkomputer yang dipergunakan antara lain adalah CONVEX (dipakai oleh PT Elnusa dan PT Caltex Pacific indonesia), IBM 3090 model 600-E (dipakai oleh IPTN), dan Cray (dipakai oleh IPTN). Superkomputer terhebat yang dikeluarkan oleh CRAY Research, INC. adalah CRAY-2/2S yang mempunyai memory hingga 2 gigabyte.
  • Komputer rangka besar (mainframe) yang kecepatan dan kemampuan kerjanya di bawah kemampuan komputer super. Sering juga disebut dengan komputer skala besar. Contoh yang tergolong dalam kelas ini ialah IBM seri 3090, IBM 4381, VAX 600 dari DEC, UNISYS, NRC, dan BULL.
  • Komputer mini, kecepatannya lebih rendah dari komputer mainframe, namun masih bisa dipakai secara time-sharing dan multitasking. Komputer mini atau mini komputer ini sering juga disebut dengan komputer skala menengah. Contoh yang termasuk ke dalam skala ini ialah IBM AS/400, VAX 300 dan VAX 3500 dari DEC, WANG, HP, IBM S/36, Data General (DG) ICL, NRC, NEC, dan Honeywell Bull.
  • Komputer mikro atau mikrokomputer atau PC, dengan kecepatan dan kemampuan yang lebih rendah dari yang di atas, meskipun hal ini sekarang menjadi sangat relatif mengingat perkembangan tekhnologi yang begitu pesatnya.

Klasifikasi yang berdasarkan ukuran, kecepatan, dan kemampuan olah ini sekarang sudah menjadi kabur, sebab komputer rangka besar sekarang justru mengurangi bobotnya disamping mempertinggi kecepatan dan kemampuannya, sedangkan komputer-komputer mikro juga sudah mempertinggi kecepatan dan kemampuannya. Kemampuan yang dulu dimiliki oleh komputer mini sekarang sudah dipunyai oleh komputer mikro. Bahkan beberapa komputer mikro sudah mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dari sebagian besar komputer mini, malah komputer rangka besar, apalagi diproduksi dibawah tahun 1970-an.

Menurut jenis input/output sinyalnya, komputer dapat digolongkan pula atas tiga jenis, yakni:

a. Komputer analog, yang input dan output-nya berupa sinyal analog.

b. Komputer digital, yang input dan output-nya berupa digital.

c. Komputer hibrida, yang merupakan kombinasi dari kedua jenis di atas.

Komputer analog adalah komputer yang bekerja berdasarkan jenis data (input dan output) yang bersifat analog, atau jenis data yang bersifat kontinum, seperti arus listrik, aliran air, dan kecepatan udara. Komputer jenis ini banyak disunakan untuk alat-alat kontrol, misalnya di pesawat udara, pada mesin dan alat-alat produksi, serta alat-alat laboratorium.

Komputer digital adalah komputer yang bekerja untuk jenis data yang digital, yang berupa karakter-karakter huruf, angka dan karakter lain yang tidak bersifat kontinum.

Komputer hibrida adalah komputer yang dapat mengolah data yang bersifat analog maupun digital, Jenis ini juga banyak digunakan untuk alat-alat kontrol.

Cara lain untuk mengklasifikasikan komputer adalah berdasarkan generasinya. Komputer generasi pertama adalah komputer-komputer yang mula-mula sekali diciptakan. Komputer ini bekerja dengan peralatan tabung vakum (vacuum tube) sebagai elemen utamanya, sehingga sangat lambat dan terbatas sekali kemampuannya. Ukuran bobot sangat besar dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menggunakannya. Komoputer ini dibuat di akhir Perang Dunia II dan merupakan komputer yang pertama sekali berhasil dibuat. Termasuk ke dalam komputer ini adalah komputer Mark-1 (sebenarnya komputer ini belum menggunakan tabung vakum, tetapi relay, sebuah alat elektromekanis) yang diciptakan oleh Prof. Howard Aiken dari Harvard University bekerja sama dengan insinyur-insinyur IBM. Juga termasuk kedalam golongan ini komputer ENIAC (Electro Numerical integrator and Automic Calculator) ciptaan sekelompok insinyur dari University of Pennsylvania yang dipimpin oleh Jhon W. mauchly dan J.P. Eckert. Begitu juga komputer Univac-1, yang diciptakan oleh perusahaan Remington Rand (belakangan berubah menjadi Sperry Rand Corporation) dibawah pimpinan Mauchly dan Eckert yang menciptakank ENIAC di atas.

Ciri-ciri utamanya ialah lambat, berbobot besar, dan hanya mampu menjalankan operasi-operasi penghitungan sederhana.

Komputer generasi kedua sudah bekerja dengan lebih baik , menggunakan transistor. Ditemukaknnya transistor di akhir tahun 1950-an, bukan hanya mengakibatkan berkembang pesatnya teknologi elektronika, tetapi sekaligus juga mengakibatkan perubahan besar pada komputer. Tabung vakum menjadi kuno dan perannya digantikan oleh transistor. Hal ini mengakibatkan perlipatan yang luar biasa pada kecepatan pengolahan da penurunan yang luar biasa dari ukuran bobot komputer. Mesin-meesin seperti IBM 1401, honeywell 800, RCA 501 dan Sperry Rand Solid State 80, adalah kelompok yang menggunakan transistor sebagai elemen elektronisnya.

Di samping kelebihan itu, komputer ini juga membutuhkan yang lebih sedikit, serta ketelitian yang lebih tinggi ketimbag kompputer generasi pertama.

Penemuan transistor memang sangat mempengarugi perkembangan teknologi. Komputerpun mnejadi lebih cepat kerjanya dan lebih tinggi kemampuannya. Namun sayang sekali, bobotnya masih cukuup besar. Baru setelah ditemukannya konsep integrated circuit (disingkat IC) yakni rangkaian elektronika terpadu, ukuran bobot komputer bisa semakin diperkecil. Komputer-komputer generasi ketiga menggunakan teknologi ini.

Berkembangnya komputer dengan sistem kelompok atau sistem famili (family system computer) merupakan salah satu ciri komputer generasi ke tiga. Sebuah perusahaan misalnya, dapat memulai dengan komputer yang kecil, lalu mengembangkannya sedikit demi sedikit. Ini berkembang karena adanya produksi komputer secara relatif besar-besaran. Semula, suatu jenis komputer hanya diproduksi satu unit saja atau sejumlah kecil. Pada generasi ketiga ini, satu jenis tertentu, sudah diproduksi dalam jumlah yang cukup banyak, karena pemakai komputer juga sudah berkembang dari hanya sekedar pemerintah, universitas dan lembaga-lembaga penelitian, ke perusahaan-perusahaan bisnis. Perbaikan yang terjadi pada kemampuan komputer tidaklah sehebat perubahan dari generasi pertama ke generasi ke dua.

Ke dalam kelompok ini dapat dimasukkan komputer kelompok IBM 360, kelompok Spectra dari RCA, kelompok Century dari NRC dan Honeywell seri 200, dll. Ciri lain komputer generasi ketiga ini adalah diperkenalkannya konsep time-sharing. Beberapa orang dapat bekerja secara serentak pada sebuah komputer dengan bantuan terminal. Juga, konsep program yang portabel (portable software dan portable language). Kalau pada generasi pertama dan kedua, sebuah program yang dijalankan atau ditulis untuk suatu komputer tertentu tidak bisa dijalankan pada komputer lain, pada komputer generasi ke tiga ini hal ini sudah dapat diatasi meskipun masih dalam keadaan terbatas.

Pada masa ini pulalah bahasa komputer mulai distandarisasikan. Fortran, adalah bahasa komputer pertama yang mempunyai standar.

Komputer generasi keempat, adalah komputer-komputer yang menggunakan teknologi mikroprosessor atau chip. Ditemukannya bahan semikonduktor mengakibatkan pula perubahan besar pada komputer. Kecepatan dan kemampuan olah komputer menjadi berlipat ganda pula dan ukuran bobot komputer semakin kecil. IBM mengeluarkan seri 370-nya yang canggih dengan teknologi semikonduktor ini. Begitu pula, konsep integrated circuit dikenalkan, dan penggunaan bahan semikondukktor ini mengakibatkan dapat dibuatnya rangkaian-rangkaian terpadu yang sangat kecil, yang kemudian dikenal sebagai mikrocip (microchip). Muncullah pula komputer-komputer mikro, yang semula kebanyakan hanya digunakan untuk permainan (games) dan pengolah kata (word processing).

Perusahaan Apple, misalnya, sangat giat memproduksi komputer-komputer mikro ini bersama dengan Compaq, Atari, Commodore, Kaypro, dan lain-lain. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi mikrocip ini juga bermunculan.Diantaranya yang sangat berpengaruh adalah Intel Corporation dan Motorola.

Laju perkembangan komputer ini dipercepat pula dengan munculnya perusahaan-perusahaann pembuat perangkat lunak (software), baik untuk sistem operasi (operating system), maupun untuk program-program aplikasi yang dapat dijalankan untuk sistem operasi (yakni sekumpulan program yang berfungsi untuk mengatur dan membantu pengelolaan atau manajemen komputer) tersebut. Untuk ini perlu dicatat peranan besar William Henry Gates III (Bill Gates), orang yang pada usia 13 th sudah mampu menulis program komputer. Ia keluar dari Harvard University lalu mendirikan perusahaan Microsoft bersama dengan temannya Paul Allen di Amerika Serikat bahkan di dunia.

Microsoft berhasil menelorkan operating system untuk komputer-komputer mikro, yang dikenal dengan DOS5 (diskette operating system). Berbagai seri DOS telah diciptakan oleh Microsoft untuk menunjang komputer-komputer mikro. Serinya yang terakhir adalah MS-DOS (untuk IBM adalah PC-DOS) versi 6.0 (April 1993). Disamping DOS, Microsoft juga mengeluarkan sistem operasi OS/2 (operating system/2), pembantu DOS berbasis grafik yakni Windows , dan Windows NT.

Ditemukannya bahan semi konduktor sangat menolong perkembangan teknologi mikroprosessor. Komputer semakin kecil, namun baru setelah IBM ikut campur dalam produksi komoputer mikro perkembangannya menjadi sangat laur biasa.

Sebenarnya, proses penggantian generasi sudah berakhir hingga disini. Orang-orang sudah malas menggolong-golongkan komputer atas generasinya, sebab perbedaan muncul sudah sulit sekakli ditandai. Namun, Jepang kemudian memperkenalkan konsep komputer generasi kelima, dengan proyek mereka yang sangat ambisius, yakni proyek intelejiansia artifisial (artificial inellegnce). Jepang lemah dalam masalah perangkat lunak. Oleh sebab itu, mereka berusaha untuk menciptakan komputer-komputer yang pintar, dan kepintarannya itu berada didalam desain perangkat keras komputer itu sendiri.

Setiap orang bisa saja membuat klasifikasi yang berbeda, tergantung dari cara ia mengamati perkekmbangan komputer itu tersebut. Namun, yang umum dipakai orang adalah klasifikasi seperti yang diutarakan diatas.

Perkembangan komputer selanjutnya mengarah ke telekomunikasi (network) komputer, yang dapat menghubungkan komputer-komputer mikro dengan sesama komputer mikro, dan dengan komputer besar, melalui jasa kabel dan jaringan telepon dengan bantuan modem. Kita kenal sekarang konsep-konsep local area network (LAN), wide area network (WAN), sistem client-server, electronik bulletin-board atau BBS, serta kelompok-kelompok pemakai komputer yang bergabung dalam group-group tertentu, baik yang bersifat profesional, komersial, maupun yang bersifat amatir. Harga peralatan komunikasi, seperti modem, juga semakin hari semakin murah.

Disamping membangun kearah peningkatan kapasitas, kecepatan, serta kemampuan olah (akibat makin disempurnakannya sistem operasi), komputer juga berkembang ke arah komputer portabel, atau disebut juga komputer convertible, yaitu komputer yang karena ukuran serta desainnya, dapat dibawa-bawa kemana kita pergi. Sebuah komputer notebok sekarang ini, misalnya, hanya mempunyai ukuran sebesar sebuah buku teks, dan beratnya hanya sekitar 2,5 hingga 3 kg, tetapi mempunyai yang sama dengan komoputer desktop yang setara.

Dalam perkembangan koputer mikro ini, jasa para pembuat program tentu tidak dapat diabaikan. Perusahaan-perusahaan pembuat perangkat lunak sangat berperan dalam memacu perkembangannya. LOTUS Development Corporation, misaknya, memperkenalkan perangkat lunak LOTUS 1-2-3 yang merupakan program spradshet yang sangat banyak dipakai hingga saat ini.

Ashton Tate mengembangkan perangkat lunak untuk databasis (database) atau perangkat data, seperti dBase II, dBase III, dBase IIIplus, dan yang dikeluarkan pada Juni 1988, dBase IV (hingga akhir tahun 1993 telah keluar versi 1.5 serta compiler untuk paket database ini yakni dBase Compiler for DOS). Perusahaan Ashton Tate ini di tahun 1991 dibeli oleh Borland international yang juga mengeluarkan perangkat lunak database yang mereka beri nama Paradox.

Untuk jenis pengolahan kata, MicroPro mengeluarkan WordStar, sebuah pengolah kata yang hingga sekarang sangat populer terutama dikalangan sekretaris. WordStar juga sudah mengalami berbagai perkembangan. Di awal 1987, MicroPro mengeluarkan WordStar Professional Release 4.0, dan diujugn tahun 1987 mengeluarkan seri WordStar 2000 yang baru. Tahun 1988, MicroPro mengeluarkan pula WordStar Professional Release 5.0, diikuti dengan release 5.5 di tahun 1989, relese 6.0 di tahuun 1990, dan release 7.0 serta WordStar for Wondows di tahun 1992.

Dalam bidang bahasa komputer, Microsoft banyak berperan di samping IBM. Microsoft misalnya mengeluarkan compiler untuk bahasa FORTRAN-77, COBOL, PASCAL, C, BASIC dan lain-lain untuk komputer mikrokomputer. Beberapa perusahaan lain seperti Borland International mengeluarkan pula versi-versi Turbo untuk compiler atau interpreter bahasa-bahasa komputer tersebut, seperti Turbo Pascal, Turbo Basic, Turbo C dan Turbo Prolog (yang terkadang ddianggap sebagai bahasa komputer generasi ke lima).

Disamping perusahaan di atas, banyak pula perusahaan-perusahaan yang kemudian tampil memeriahkan dunia komputer mikro ini. Untuk pengolah kata (word processing), misalnya, kita kenal pula WordPerfect, Volkswriter, Peachtree, Microsoft WORD, AMIPro, serta PC-Write (yang mengenalkan konsep shareware yakni program-program yang bebas disalin oleh siapa saja, tetapi bila ingin mendaftar sebagai pemakai resmi, tentu mendapat kiriman untuk versi-versi terbaru serta pelayanan melalui telepon dan surat untuk berbagai masalah yang dialami pemakai berkaitan dengan program tersebut – harus membayar sejumlah uang tertentu pada pembuatnya).

Dalam bidang databasis (database) atau pangkalan data, selain seri dBASE dari Ashton Tate di Atas, kita kenal pula kelompok RBase dari Mincorim Icn,. dengan produk mereka seperti RBase-4000, RBase-5000 dan belakangan ini muncul dengan RBase System V dan RBase fro Windows. Juga kita kenal REFLEX dan Paradox dari Borland International, PC FILE dari Buttonware, FoxBase/Microsoft, dll.

Disamping itu, kita mengenal pula berbagai perangkat lunak yang bersifat terintegrasi, yakni di dalamnya terkandung program untuk spreadshet, databasis, pengolah kata, komunikasi, dan grafik. Contohnya adalah Symphony dari LOTUS Development Corporation, Framework dari Ashton Tate, SMART dari Innovative Software, Enable daari The Software Group, Microsoft Work dari microsoft corporation, dll.

Dalam bidang grafik dan lukis, banyak pula perangkat lunak yang dikeluarkan seperti DR.HALO, ENERGRAPHICS, CHARTMAN, PC PAINTBRUSH, GEM, DRAW PERFECT.

Dalam bidang keteknikan, kita kenal pula perangkat lunak yang disebut sebagai Computer-aided Design atau Computer-aided Drafting (CAD), seperti AutoCad, ProDesign, DanCadd, CADKey, EasyCAD.

Dibudang simulasi kita mengenal pula GASP-IV, DYNAMO, SLAM II, SIMAN, PC-MODEL, dll. Dibidang riset statistik kita kenal MINITABM, STATGRAPHICS, NCSS, TSP, RATS, PLOTIT, SAS, GPSS, SYSTAT, dll. Di bidang riset operasi (operations research) kita kenal pula QSB, LINDO, LP-88, MILP-88, STSA-88, COMPAID-LP, STORM.

Ada pula program-program yang khusus untk bisnis, akuntansi, ataupun manajemen proyek (misalnya DAC EASY Accounting untuk akuntansi, Andrew Tobias’ Managing Your Money untuk bisnis, HARVARD TOTAL PROJECT MANAGER untuk manajemen proyek).

Banyak pula perusahaan atau pribadi-pribadi yang mengkhususkan diri dalam produksi perangkat-perangkat lunak yang bersifat sebagai perkakas atau alat (tools atau utilities). Misalnya program untuk mengembalikan data atau program kita yang terhapus tanpa sengaja, atau program untuk mengunci data atau program kita sehingga tidak bisa dijalankan oleh orang lain yang tidak berhak. Kita kenal untuk kelompok ini misalnya ialah PC-Tools, MACE+Utilities (dari Paul Mace) serta Norton Utilites dari Peter Norton.

Adapula program yang dibuat khusus untuk menata file atau memory di dalam disket, serta menat apenampilan daftar file kita di monitor dan mempermudah kita mencapai file tersebut. Program ini dinamakan file manager atau disk manager. Dalam kelompok ini termasuk misalnya 1DIR dari Bourbaki Inc., XTREE dari Executive System Inc., Microsoft Windows dari Microsoft Corporation, Sidecick dan Sidekick Plus dari Borland International, PolyWindow dari Polytron, dan Norton Commander dari peter Norton. Sebahagian dari program ini bersifat bermukim di memori (memory resident), artinya sekali dia dipanggil, maka dia akan terus berada di memory komputer (RAM) sampai kita membuangnya atau mematikan komputer.

Program seperti Sidekick, PolyWindow, dan Microsoft Window juga menyediakan berbagai fsilitas lain, misalnya kalkulator, jam, kalender, notes, dan bahkan permainan yang sederhana. Program ini banyak gunanya, misalnya bila suatu ketika kita sedang menulis sebuah laporan dengan menggunakan pengolah kata, kita ingin menghitung sesuatu, maka dengan menekan tombol tertentu (tanpa harus keluar dari pengolah kata itu) kita bisa mengaktifkan kalkulator yang berdiam di memory itu, lalu melakukan penghitungan. Setelah selesai kita bisa kembali ke proses pembuatan laporan tadi.

Tentu saja, berbagai program untuk permainan, mulai dari catur, musik dan berbagai ketangkasan juga banyak disediakan untuk komputer mikro.

Belakangan ini, berkembang pula satu jenis perangkat lunak yang dapat menggabungkan berbagai kemampuan pengolah kata, grafik, melukis dan lain-lainnya itu, sehingga seseorang sudah bisa jadi penebit majalah atau buku melaui komputer pribadinya. Jenis perangkat lunak ini dikenal dengan nama desktop publishing (penerbit dari atas meja). Dalam golongan ini kita kenal misalnya NEWSROOM dari Sprongboard, VENTURA Publisher dari Xerox Inc., PAGEMAKER dari Aldus Corp., FANCY FONT, dll.

Khusus untuk membantu mencetak hasil, ada pula program yang misalnya bisa mencetak output sebuah spreadshet secara horizontal atau memanjang (landscape), sehingga lebih manis bila ditampilkan, misalnya program Sideways dari Funk Software Inc.

Ada pula yang khusus membuat sertifikat (misalnya Certificate Master dan Print Master), bahkan untuk membuat kalender (misalnya Calender & Stationery Maker ).

Agak sulit rasanya menebak akan sampai sejauh mana perkembangan dunia komputer mikro ini, namun dapat dikatakan bahwa prospeknya sangat cerah. Bahkan program-program sistem pakar (expert system) dan akal bantuan (artificial intelligent) sekarang juga dikembangkan untuk komputer mikro. Ringkasnya, komputer mikro akan semakin canggih, semakin tinggi kapasitas dan kemampuannya, semakin murah harganya, semakin luas pemakaiannya, dan pemakainya pun tentu akan semakin banyak

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar